Home > Berita, Energi Gelombang > Pembangkit Tenaga Gelombang

Pembangkit Tenaga Gelombang

Pada artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis model teknologi pemanfaatan energi gelombang sebagai pembangkit listrik,  seperti:

  1. Model Point Absorber
  2. Model Attenuator
  3. Model Terminator
  4. Model Over Topping

Pembangkit Tenaga Gelombang adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi yang dikandung oleh gelombang air laut dan mengubahnya menjadi gerak mekanik untuk membangkitkan listrik. Besarnya energi yang dibangkitkan tersebut bergantung pada panjang gelombang, tinggi gelombang dan kecepatan gelombang. Pengembangan teknologi energi pemanfaatan gelombang laut ini hingga sekarang masih terus dikembangkan. Berbagai metode yang telah berhasil dikembangkan masih dalam skala yang belum terlalu besar mengingat tingginya biaya instalasi dan resiko aplikasi teknologi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa metoda teknologi energi yang telah diterapkan di berbagai belahan dunia saat ini.

1.  Model Point Absorber

Model point absorber mengandung arti  bahwa energi gelombang diambil akibat gerakan struktur pembangkit di satu titik pada permukaan gelombang. Model ini dikembangkan dengan cara memanfaatkan gerak turun naik gelombang yang akan diteruskan oleh pelampung ke sistem piston-silinder yang terpasang pada pelampung.  Gerak turun naik piston ini dirubah menjadi energi listrik  baik dengan cara elektromekanis maupun dengan cara dirubah terlebih dahulu menjadi energi hidrolis untuk kemudian di ubah lagi ke energi listrik.

klik untuk memperbesar

AquaBuoy. Pada sistem ini, air laut bertekanan didalam silinder digunakan untuk menggerakan turbin baru menghasilkan listrik

Sebagai contoh adalah model AquaBuoy yang kembangkan Finavera berikut. Pada model ini, gerak piston-silinder digunakan untuk menghasilkan air laut yang bertekanan didalam ruang silinder.  Air laut bertekanan ini kemudian menggerakkan turbin yang terdapat pada silinder untuk menghasilkan listrik.

 

 

klik untuk memperbesar

Geerator Buoy. Pada sistem ini gerak pelampung langsung diubah menjadi listrik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh lain adalah model GenereatorBuoy. Pada model ini generator langsung dipasang pada pelampung yang bergerak relatif terhadap armatur yang tetap. Sehingga  dengan demikian, pada model ini, energi gelombang langsung dirubah menjadi energi listrik.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: